Mengapa Bisa Terjadi Overbooking di Reservasi Tiket Pesawat

Pesawat merupakan salah satu mode transportasi yang banyak digemari oleh masyarakat. Mode angkutan ini memang memiliki jarak waktu tempuh yang lebih cepat jika dibandingkan dengan mode transportasi lain.

Apalagi dijaman modern seperti sekarang ini, banyak sekali fasilitas-fasilitas baru yang dimiliki oleh pesawat. Selain itu banyaknya penawaran promo-promo tiket memang menjadikan banyak konsumen yang tertarik untuk menggunakan pesawat sebagai alat transportasinya.

Penggunaan pesawat terbang sendiri bisa dikatakan selalu terjadi peningkatan. Terutama hal ini dapat dilihat pada saat musim libur telah tiba, dengan antrian penumpang di bandara-bandara yang ada.

overbooking

Peningkatan jumlah penumpang suatu maskapai penerbangan sendiri juga akibat dari adanya strategi bisnis yang digunakan oleh maskapai. Pada saat ini, persaingan antar maskapai memang sangat ketat.

Setiap maskapai penerbangan akan selalu mengeluarkan kebijakan baru yang bertujuan untuk menarik datangnya para penumpang. Strategi seperti pemberian promo dan pemotongan harga tiket merupakan hal yang jamak ditemukan setiap saat, terutama pada saat-saat musim libur tiba.

Jika kita berbicara mengenai tindakan strategi bisnis yang dilakukan oleh maskapai penerbangan sendiri, terdapat banyak sekali strategi yang ada. Selain penggunaan promo potongan harga, biasanya maskapai juga menawarkan fasilitas penerbangan yang memadai.

Selain itu juga menawarkan hal-hal lain yang diharap bisa digunakan untuk menarik para penumpang. Ada satu lagi strategi bisnis uang biasa diterapkan oleh maskapai penerbangan yaitu strategi overbooking.

overbooking

Overbooking sendiri merupakan strategi bisnis yang normal ditemukan di setiap tempat. Strategi ini sendiri juga dapat kita temukan di dunia perhotelan. Pada dasarnya overbooking sendiri merupakan strategi penjualan tiket yang melebihi kapasitas normal dari kursi pesawat.

Strategi ini dimaksudkan agar pesawat yang terbang pada saat itu atau pada waktu tertentu tidak tebang dalam kondisi yang kosong atau kurang penumpang. Jadi bisa dikatakan overbooking merupakan sebuah hal yang normal.

Pada sistem overbooking ini sendiri maskapai masih akan dapat mendapatkan penumpang, meskipun ada penumpang yang membatalkan keberangkatannya.

overbooking

Namun, biasanya tindakan overbooking ini sendiri akan dapat menjadi sebuah boomerang tersendiri bagi maskapai penerbangan. Masalah dari overbooking akan muncul apabila tidak adanya penumpang yang membatalkan tiket pada waktu itu, sehingga akan memunculkan dua tiket dengan nomor duduk sama untuk dua orang penumpang.

Selain itu terkadang masalah overbooking bisa terjadi juga dikarenakan kelalaian sistem pemesanan tiket itu sendiri. Jika masalah seperti ini muncul maka tindakan terbaik adalah mengembalikan masalah tersebut kepada kebijakan penumpang.

Namun, biasanya bagi mereka yang mengalami kejadian overbooking seperti ini,a kan mendapatkan ganti kompensasi biaya. Atau bisa juga perjalanan mereka akan dialihkan pada jadwal penerbangan yang berikutnya.

Overbooking memang merupakan sebuah strategi bisnis yang normal dan jamak untuk dilakukan. Meskipun begitu ada juga maskapai penerbangan yang tidak menerapkan strategi overbooking. Sedangkan di Indonesia sendiri juga memiliki sistem overbooking yang sama.

Namun, dalam sistem penerbangan yang ada di Indonesia, overbooking sendiri terjadi lebih dikarenakan banyaknya platform pembayaran yang ada. Hal ini biasanya yang menyebabkan timbulnya overbooking pada sistem yang ada.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *