Apa Itu Desa Wisata

Beberapa tahun terakhir kebutuhan masyarakat akan destinasi wisata baru semakin bertambah. Hal ini pun disambut baik di beberapa daerah di Indonesia.

Penyambutan ini diperlihatkan dengan munculnya berbagai destinasi wisata baru yang cukup menarik minat para wisatawan. Munculnya destinasi wisata baru ini sendiri memiliki berbagai macam jenis dan keunggulannya masing-masing.

Namun, kebanyakan memang masih berhubungan dengan keindahan alam dan suasana. Salah satu jenis destinasi wisata yang cukup terkenal di akhir-akhir ini adalah desa wisata. desa wisata

Kemunculan desa wisata di beberapa tempat ini memang cukup menarik dan menjadi salah satu hal yang banyak di buru oleh para pengunjung. Biasanya wisata ini lebih banyak berhubungan dengan lokasi wisata keluarga, dengan berbagai macam keunikan yang ada di dalamnya.

desa wisataSelama ini biasanya kita akan mendengar desa wisata dan wisata desa. Kedua hal tersebut mungkin bagi beberapa orang merupakan hal yang sama. Namun, pada dasarnya dua hal tersebut adalah hal yang sangat berbeda walaupun masih memiliki hubungan yang sangat erat.

Wisata desa adalah sebuah pedesaan yang menawarkan setiap unsur keaslian dari desa tersebut kepada para wisatawan. Unsur keaslian ini sendiri sangat beragam baik dari segi ekonomi, budaya, dan sosial. Biasanya ketiga hal tersebut adalah pusat kegiatan yang akan kita temukan di wisata desa.

Kemudian Desa Wisata adalah bergabungnya kelompok penduduk atau masyarakat dalam area batas tertentu, yang berintegrasi dalam satu naungan pengelolaan perkembangan kepariwisataan desa tersebut.desa wisata

Jadi bisa dikatakan bahwa desa wisata adalah sebuah naungan atau objek dari perkumpulan masyarakat di suatu daerah. Sedangkan wisata desa merupakan subjek atau inti dari kegiatan yang ada.

Pada dasarnya tidak semua daerah dapat mengajukan diri untuk menjadi sebuah desa wisata. Karena sebagai mana yang kita ketahui bahwa, untuk menjadi sebuah desa wisata diharuskan memiliki banyak komponen yang saling berintegrasi dan saling mendukung. Untuk dapat menjadi sebuah desa wisata biasanya dibutuhkan beberapa  komponen utama seperti

  1. Adanya akomodasi yang memadai dan bisa mendukung
  2. Adanya atraksi atau sesuatu hal yang khas dari daerah tersebut
  3. Adanya persetujuan dari setiap komponen di masyarakat
  4. Adanaya proses pengelolaan yang tertata dan jelas
  5. Jarak tempuh menuju desa yang harus menjad salah satu perhitungan tersendiri
  6. Besaran atau luasan dari desa tersebut.

Pada saat ini perkembangan dan kemunculan desa wisata bayak sekali di temukan di berbagai daerah. Hal ini merupakan sebuah hal yang bisa dikatakan sangat baik, karena bisa memberikan banyak manfaat pada masyarakat desa tersebut.

Kedatangan wisatawan bisa menjadi salah satu sumber pendapatan baru bagi mereka. Sedangkan, bagi para agen wisata kemunculan desa wisata ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata baru untuk ditawarkan kepada para wisatawan.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa daya tarik dan daya pikat dari wisata suasana desa banyak digemari oleh wisatawan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *